Profil Jurusan Arsitektur UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Jurusan Arsitektur UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini merupakan salah satu jurusan/program studi yang ada di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dan berada di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi. Jurusan/Program Studi Teknik Arsitektur ini diselenggrarakan berdasarkan Persetujuan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 05/MPN/HK/1004 tanggal 23 Januari 2004.

Sampai sekarang jurusan belum membentuk program studi baru sebagai pengembangan jurusan karena masih dalam pembenahan secara internal maupun eksternal organisasi. Jurusan Teknik Arsitektur mengemban tugas untuk mengembangkan keilmuan arsitektur, tidak terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) sebagai salah satu syarat dalam berkompetisi di era globalisasi, tanggap terhadap persoalan dalam masyarakat yang diwujudkan dalam disain lingkungan binaan yang inovatif, kreatif, dan imajinatif serta berkelanjutan.

Selain itu Jurusan Teknik Arsitektur merupakan bagian dari lembaga pendidikan tinggi Islam berperan aktif dalam mengangkat keilmuan arsitektur yang terintegrasi dengan Islam berdasarkan Al Qur’an dan Hadist berupa Pusat Studi Arsitektur Islam yang saat ini masih dalam tahap persiapan. Pada akhir tahun 2006 jurusan mengajukan akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional (BAN). Keberadaan jurusan saat ini telah mendapat pengakuan secara nasional sebagai bagian dari Pendidikan Tinggi di Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor: 006/BAN-PT/Ak-X/S1/III/2007 dengan masa berlaku dari 9 Maret 2007 sampai dengan 9 Maret 2012 dengan nilai akreditasi C.

Visi Jurusan/Program Studi Teknik Arsitektur adalah menjadi jurusan/program studi terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang teknik arsitektur yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Tujuan dari Jurusan Arsitektur ini adalah:
  1. Menjadikan jurusan arsitektur sebagai Pusat Studi Arsitektur Islam yang tanggap dan dinamis terhadap perkembangan IPTEKS, tuntutan globalisasi yang berkelanjutan.
  2. Mengembangkan kualitas keilmuan arsitektur IPTEKS sebagai peningkatan peradaban kehidupan manusia dengan kesesuaian fitrah manusia dan alam semesta, pencerminan lingkungan binaan islami sebagai rahmat bagi semesta alam, ruang dan waktu dengan berjati diri Indonesia yang kesemuanya bertujuan kepada ridha Allah SWT.
  3. Menghasilkan lulusan Sarjana Teknik Arsitektur yang islami dan berkompeten dalam:
  • pengetahuan arsitektur dan teknologi disain dalam melaksanakan profesinya dan berperan dalam pengembangan keilmuan
  • mengekspresikan gagasan arsitektural secara kreasi, inovatif, imajinatif, adaptif, inovatif dan sistematis
  • bekerja sama secara manajerial
  • kepekaan terhadap kondisi masyarakat

Bagikan artikel kami

Postingan Terkait

3 Response to Profil Jurusan Arsitektur UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

June 6, 2010 at 9:09 PM

Semoga cita can visi misi yang diemban mampu terimplementasikan bagi semua lulusannya, dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa Indonesia. Amin

May 31, 2013 at 6:24 PM

amin.

January 9, 2015 at 4:45 PM

Akreditasinya sekarang sudah B ya min? alhamdulillah

Post a Comment